by

Korea dan Indonesia Ciptakan Vaksin Corona dan Akan di Uji Coba Pada Juni

-Berita, Nasional-605 views

Beritacnn – Perusahaan Obat Indonesia PT Kalbe Farma Tbk sepakat dan menandatangin surat nota kesepahaman dengan Perusahaan Obat dari Korea Selatan Genexine, penandatangan ini di lakukan karena menyepakati kerja sama dalam pengembangan vaksin virus Corona(Covid-19).

Perusahaan PT Kalbe bersama dengan Genexine sepakat untuk mengadakan pengujian uji Klinik GX-19 di negara kita Indonesia, yang bertujuan untuk pengembangan vaksin DNA untuk virus Corona yang di lakukan oleh Konsorsium dengan Genexine, Binex, GenNBio, the Korea Advanced Instituteof Science & Technology (KAIST), the Internatinonal Vaccine Institue (IVI) dan Pohang University of Science & Technology (Postech).

Dari pihak Kalbe sendiri mengungkapkan jika uji vaksin virus Corona ini akan di langsungkan pada bulan Juni 2020 yang dimana informasi ini di dapat kan dari informasi Bursa Efek Indonesia. Dari surat yang di terbitkan oleh PT Kalbe bahwa uji coba ini sudah di lakukan kepada Primata dan menunjukan hasil antibody yang bisa menetralisirkan virus Corona, akan tetapi pihak Kalbe akan tetap melakukan uji coba selanjutnya kepada manusia.

Pt Kalbe akan tetap mengikut sertakan dan menggandeng pemerintahan untuk melakukan kolaborasi dalam pengembangan vaksin Corona agar proses penelitian yang di lakukan ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan juga serta dapat di manfaatkan untuk kesehatan dan kesembuhan bagi pasien virus Corona jelas PT Kalbe dalam informasi keterbukaan yang di tujukan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI)

Yang dimana kita ketahui dalam kejadian ini PT Kalbe akan menjalin kerja sama dengan Genexine Inc yang di ketahui adalah perusahaan obat ternama di negara Korea Selatan yang akan membentuk sebuah nama Perusahaan PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio) yang dimana menjadi sebuah perusahaan joint venture dalam upaya pengembangan dan pembuatan bahan baku obat bioteknologi di negara Indonesia.

Semoga saja dalam upaya yang baik ini dapat mendapatka hasil yang baik juga dan segera menemukan vaksin untuk virus Corona dan kerja sama ini dapat terjalin untuk waktu yang lama.

Ad5-nCoV Adalah Vaksin Corona Yang Sukses Menciptakan Antibodi Untuk Covid-19

Sudah begitu banyak vaksin virus Corona  yang sudah di ciptakan dan di temukan oleh para ilmuwan dari seluruh dunia akan tetapi vaksin adenovirus tipe Ad5-NCoV lah yang menunjukan potensi lebih besar dalam pembentukan antibody pada tubuh manusia. Ad5-NCoV sendiri adalah vaksin yang di kembangkan oleh perusahaan biofarmasi CanSino Biologics asal negara China. Dan CanSino Biologics menjelaskan bahwa ada lima fakta tentang vaksin Ad5-NCoV itu sendiri dan berikut ini adalah fakta-fakta dari vaksin Ad5-NCoV ;

1.       Vaksin Pertama Untuk Manusia Yang Sudah Uji Klinis di China

Ad5-NCoV merupakan vaksin Corona pertama yang sudah masuk dalam uji klinis pada manusia di negara China. Dalam penelitian dan menuruh para peneliti bahwa Ad5-NCoV adalah vaksin yang berpotensial dan yang pertama di dunia yang di ciptakan dan sudah di uji pada manusia.

2.       Dalam 14 Hari Vaksinasi Akan Terbentuk Antibodi

Jurnal medis Lancet menyebutkan bahwa zat aktif yang terkandung dalam Ad5-NCoV adalah zat yang bersifat aman dan bisa di tolerin secara baik bagi manusia itu sendiri. Hasi ini sudah menjadi tolak ukur yang penting, dalam dosis vector baru Ad5-NCoV dapat menghasilkan vaksin bagi antibody yang spesifik dalam waktu 14 hari yang di jelaskan oleh seorang professor yang berasal dari Institut Bioteknologi Beijing yang bernama Wei Chen.

3.       Sudah di Uji Kepada 108 orang Dewasa

Sebanyak 108 ornag dewasa yang berusia dari 18-60 tahun yang sudah dilibatkan dalam penelitian vaksin Ad5-NCoV dalam penelitian ini di bagi dalam tiga kategori yaitu dosis rendah, dosis menengah dan dosis tinggi dan dalam hasil nya dosis yang di berikan berbeda beda menimbulkan kekebalan tubuh dan membentuk antibody yang kuat dalam waktu 14 hari setelah vaksinasi di lakukan.

4.       Dapat Berkembang Pada Sebagian Orang Yang Menerima Vaksin

Bagi beberapa orang yang sudah di berikan vaksin Ad5-NCoV hampir bagi sebagian besar orang yang di berikan vaksin mengalami peningkatan antibody sebesar empat kali lipat bahkan yang lebih hebat nya lagi setengah dari peserta yang di berikan vaksin memiliki antibody kepada penyakit.

5.       Memiliki Efek Samping Selama Kurang Lebih Dua Hari

Dalam pemberian vaksin ini si penerima akan mengalami efek samping kurang lebih selama satu sampai dua hari, dan yang di rasakan dalam masa efek samping nya adalah sakit kepala, demam ringan, mudah kelelahan, nyeri otot dan mengalami nyeri pada daerah yang di suntikan vaksin.

Tiga Vaksin Yang Menjanjikan Hasil-nya Untuk Menyembuhkan Virus Corona

Seluruh negara mencoba untuk melakukan penelitian agar bisa menemukan vaksin untuk virus Corona dan vaksin yang sudah teruji klinis dan menjadi kandidat vaksin terkuat terdapat di negara China, akan tetapi di negara lain nya juga memiliki kandidat vaksin yang bisa di gunakan untuk mengobati virus Corona. Dan berikut ini adalah tiga vaksin yang di anggap sebagai kandidat kuat untuk mengobati virus Corona;

1.       Ad5-NCoV

Vaksin yang telah di temukan oleh para ilmuwan China ini bernama Ad5-NCoV yang memang pada saat ini di nyatakan oleh para peneliti ilmuwan sebagai satu dari tiga vaksin kandidat kuat untuk memicu kekebalan tubuh dan menjadikan antibody dalam waktu 14 hari bagi orang dewasa dan membantu untuk membasmi virus Corona. Jurnal Lancet juga menyebutkan jika bahwa potensi vaksin virus Corona ini aman dan dapat di toleransi serta sangat efektif dalam merespon kekebalan tubuh setelah di uji kepada manusia.

2.       Vaksin Dari Inggris

Tim penelitian dari Universitas Oxford Inggris telah mempersiapkan untuk segera memulai penelitian uji klinis kepada manusia dalam tahap kedua. Tahap pertama dari tim peneliti Universitas Oxford sudah di selesaikan dengan lebih dari 1.000 imunisasi.

Uji coba kedua ini akan di lakukan guna memperluas rentang umur peserta yang akan menerima vaksin, yang juga termasuk dalam anak anak dan orang dewasa. Dalam penelitian tahap ke dua ini terdata sudah ada 10.260 yang bersedia untuk menjadi sukarelawan.

Professor Andrew Pollard mengatakan jika studi klinis ini mendapatkan hasil yang begitu baik dan pada saat ini kami akan mengavaluasi kembali seberapa hebat nya vaksin yang kami temukan dalam kemampuan merespon kekebalan tubuh pada manusia yang berusia tua dan kepada orang yang berada di kalangan luas ucap Kepala Penelitan Vaksin Oxford Grup.

3.       Remdesivir

Gilead Sciences juga menyatakan jika hasil uji coba obat Corona beberapa waktu lalu menunjukan hasil yang begitu positif karena terdapat dari 50% orang yang di berikan obat Remdesivir selama kurang lebih lima hari mengalami perubahan dan membaik, bahkan yang lebih hebat nya lagi sudah banyak yang pulang ke rumah masing masing dalam waktu dekat ini.

Dan percobaan lain di lakukan oleh institute Nasional Alergi dan penyakit menular(NIAID) juga menunjukan hasil yang sama meski pada saat ini belum memberikan rincian yang lebih lanjut dan jelas. Dr Anthony Fauci menjelaskan jika hasil uji coba obat Remdesivir menunjukan hasil yang baik dan obat ini akan di tetapkan sebagai standar perawatan yang baru untuk pasien pengidap virus Corona dan sangat efektif dalam pengurangan waktu untuk pemulihan ucap Sr Anthony Fauci.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed