by

Terdapat Kejanggalan Dibalik Kasus Kaburnya Tahanan Cai Changpan

BeritaCNN – Dalam hal ini pihak polisi mengungkapkan beberapa kejanggalan dalam kabur nya narapidana Lapas Klas I, Tangerang Cai Changpan. Salah satu kejanggalan yang di ungkapkan oleh pihak kepolisian adalah masalah jeda waktu untuk kabur nya Cai Changpan. Cai Changpan baru diketahui kabur setelah 11 jam lama nya.

Kita menemukan beberapa kejanggalan-kejanggalan dalam kasus kabur nya narapidana Lapas Klas I. setelah 11 jam lama nya baru lah ketahuan bahwa tersangka berhasil melarikan diri dan baru disadari oleh petugas lapas jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat kita jumpai di kantor nya.

Petugas penjaga padahal ada tiga sif waktu jaga nya dan petugas penjaga juga jarak nya dekat dengan sel tersangka Cai Changpan, akan tetapi kabur nya Cai Changpan baru di ketahui oleh petugas penjaga sif ketiga.

Jika kita hitung waktu sif nya ada tiga, petugas sif pertama harus mengecek langsung, dan petugas sif kedua juga harus melakukan hal yang sama dan untuk penjaga sif ketiga baru mengetahui jika tersangka Cai Changpan sudah melarikan diri jelas Yusri.

Kejanggalan lain nya adalah terkait pengakuan petugas yang tertidur pada saat sif jaga sewaktu hari dimana Cai Changpan melarikan diri. Petugas Lapas Tangerang yang sedang berjaga merupakan petugas pengawas menara dan juga petugas pengawas CCTV center Lapas.

“ Saat ini kami masih terus mendalami permasalahan ini di karenakan di saat itu para petugas yang seharus nya berjada di menara pengawas semua nya ketiduran serta untuk petugas yang menjada CCTV di CCTV Center juga mengaku jika mereka semua ketiduran tegas Yusri.

Sudah ada 14 orang saksi yang kita mintai keterangan terkait masalah kabur nya tahanan Cai Changpan, terdapat juga salah satu teman satu sel nya.

Cai Changpan juga membawa sebuah handphone dari teman satu sel nya jelas Kombes Yusri Yunus kepada para wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Para saksi sendiri terdiri dari teman satu sel nya, petugas lapas, istri, dan juga tetangga rumah nya yang terletak di Tejo, Bogor Jawa Barat.

Pihak kepolisian saat ini masih terus melakukan pencarian terhadap tersangka Cai Changpan dan Polda Metro Jaya sendiri sudah membentuk tim untuk melacak serta mencari keberadaan gembong narkoba ini.

Polisi sudah berkerjasama dengan instansi lain nya guna mempersempit ruang gerak pelaku dengan cara melakukan pencekalan terhadap tersangka tersebut agar tidak bisa pergi keluar negeri.

Cara Cai Changpan melarikan diri dengan cara membolongi dinding sel dan membuat saluran yang menembus ke parit. Lubang yang di buat menyerupai saluran sepanjang 30 meteran dan di ujung nya menembus ke sebuah parit yang berada di sisi luar gedung.

Total panjang lubang 30 meter dan waktu tempuh untuk sampai ke ujung parit sekitar 20 menitan. Untuk lama nya waktu penggalian lubang dari dinding sel hingga ke ujung parit kita kira membutuhkan waktu 8 bulan. Alat penggali nya sendiri di dapatkand ari proyek pembangunan dapur yang letak nya dekat dengan sel tahanan jelas Kombes Yusri.

KTP RI Napi Yang Kabur Diblokir dan Juga Dicekal Ke Luar Negeri

Jakarta –  Segala cara sudah di lakukan oleh pihak kepolisian untuk mempersempit ruang gerak napi yang melarikan diri dari Lapas Klas I Tangerang. Pihak kepolisian sudah berkoordinasi kepada banyak instansi agar melakukan pencekaldan terhadap pelaku agar tidak bisa ke luar negeri dan juga sudah memblokir KTP RI milik pelaku.

Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa pihak nya sudah berkerjasama dan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait masalah pemblokiran terhadap KTP Cai Chongpan.

Pihak Lapas Klas I pun juga sudah melakukan pencekalan terhadap Cai Chongpan agar tidak bisa pergi keluar negeri. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi agar untuk melakukan pencekalan terhadap passport pelaku agar pelaku ini jangan sampai melarikan diri ke luar negeri.

Pelaku ini kabur dari Lapas Klas I dengan cara menggali lobang seperti saluran gorong gorong sepanjang 30 meter. Galian itu sampai ke ujung parit yang berada di luar sisi bangunan lapas. Barang yang digunakan untuk menggali lubang tersebut di dapatkan dari proyek pembangunan dapur yang berada dekat dengan sel.  Alat yang digunakan oleh pelaku untuk menggali lubang nya adalah obeng dan besi.

Cai Changpan Narapidana Yang Kabur Sempat Membeli Rokok Saat Sudah Keluar Lapas

Jakarta –  Beberapa fakta yang di peroleh setelah tim penyidik melakukan penyelidikan terkait kabur nya tahanan yang bernama Cai Changpan dari Lapas Klas I Tangerang.

Berdasarkan laporan dari masyarakat sekitar, Cai Changpan sempat membeli rokok di sebuah warung yang berada di sekitar lapas jelas Kombes Yusri.

Pihak kepolisian sendiri saat ini sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta pihak Imigrasi agar dapat memperkecil area Cai Changpang. Untuk itu kita meminta agar KTP RI tersangka di blokir dan dicekal jika dia kedapatan ingin keluar negeri. Kita sudah membentuk tim di segala daerah agar lebih memudahkan kita untuk melacak keberadaan pelaku gembong narkoba ini, untuk tim dari Lapas Tangerang sendiri sudah mulai bergerak dan kita akan bersama sama mengejar Cai Changpan jelas Kombes Yusri Yunus.

Untuk secara detail nya proses pengejaran oleh tim Kombes Yusri tidak menyebutkan nya, akan tetapi tim Polda Metro Jaya sudah berkoordinasi juga bersama tim Polres Metro Tangerang dan juga Direktorat Lalun Polda Metro Jaya untuk melakukan pengejaran terhadap Cai Changpan.

Polisi juga sudah memeriksa saksi saksi sebanyak 14 saksi yang diantara nya adalah petugas penjaga lapas dan teman satu sel Cai Changpan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed