by

Warga Belanda Tertular Virus Corona Dari Se-ekor Hewan Cerpelai

-Nasional-122 views

Beritacnn – Seluruh dunia pada saat ini di pusingkan oleh wabah Virus Corona. Bahkan virus Corona ini bukan nya menyerang manusia saja, bahkan hewan hewan juga bisa terjangkit oleh virus ini. Di ketahui di negara Hongkong sudah terdapat seekor anjing terjangkit virus Corona, di negara Belgia seekor kucing dan terakhir di New York seekor Harimau sudah terjangkit virus Corona juga. Tetapi khusus untuk warga Belanda terjangkit virus Corona dari seekor hewan cerpelai.

Kasus ini baru pertama kali terjadi di berbagai negara yang terkena virus Corona selama masa pandemi ini. Hewan yang mirip dengan tikus ini menularkan virus corona ke dua orang warga di negara Belanda. Kementrian Pertanian Belanda Carola Schouten menyampaikan dalam surat nya kepada parlemen bahwa benar ada nya kejadian itu. Carola memberitahukan bahwa cerpelai telah membawa virus Corona dan di temukan di empat buah lokasi peternakan dari total 155 keseluruhan peternakan yang ada di negara Belanda dimana tempat cerpelai di kembang biakan untuk di ambil bulu nya.

Carola juga menjelaskan bahwa kejadian hewan menularkan virus Corona ke manusia seperti ini jika terjadi di luar peternakan bisa di abaikan saja, tetapi dari empat peternakan yang terinfeksi virus Corona tiga di antara nya tertular dari sesame manusia yang sakit dan untuk yang satu nya lagi masih dalam tahap pemeriksaan dan penyelidikan.

Sedangkan Jaap van Dissel yang bertugas sebagai Direktur Institut Kesehatan Belanda mengungkapkan bahwa kejadian kasus penularan dari hewan cerpelai ke manusia adalah sebuah kasus yang sangat unik. Sebab di beberapa waktu yang lalu justru hewan kucing, anjing dan harimau terjangkit virus Corona tertular dari manusia. Bukan hewan yang menularkan virus Corona ke manusia. Akan tetapi yang kita ketahui bahwa virus Corona yang pertama kali terjadi di Negara Cina tepat nya si Wuhan banyak yang menilai penyebaran virus ini di sebabkan oleh  hewan.

Pemerintah Belanda sebenar nya sudah mengeluarkan Undang-undang pelarangan melakukan ternak cerpelai pada tahun 2013 silam, akan tetapi masih terdapat sisa peternakan yang masih menjalankan peternakan cerpelai akan di selesai pada tahun 2023 dan tidak boleh beroperasi kembali.

Dari 48 Hewan, Mana Saja Yang Paling Mudah Terinfeksi Virus Corona

Kita ketahui bahwa beberapa hewan yang sudah terinfeksi virus Corona seperti kucing, anjing serta harimau akan tetapi dari ketiga hewan tersebut tidak semua bisa dengan mudah terjangkit virus Corona. Karena ilmuwan dari India telah menganalisa 48 hewan sepeti reptile, mamalia dan burung.

Dari sekian banyak hewan yang telah di teliti oleh ilmuwan asal India tersebut dia memaparkan hewan hewan mana saja yang rentan terkena virus Corona. Semula hewan yang di perbandingkan adalah tikus dengan hamster peliharaan, yang mudah terjangkit adalah tikus. Untuk ungags bebek dengan kalkun, yang rentan terinfeksi adalah kalkun. Dan untuk jenis hewan primate termasuk manusia juga memiliki persentase terbesar untuk terjangkit virus Corona sebesar 100% kecuali untuk hewan babon.

Untuk hewan yang berkuku cloven juga memiliki persentase yang besar di angka 99% untuk terjangkit virus Corona terkecuali babi yang tidak rentan akan virus Corona. Penelitian ini di lakukan oleh peneliti National Institute of Animal Biotechnology, Lembaga Penelitian Pertanian India dan ICAR-Lembaga Penelitian Veteriner India.

Para peneliti menjelaskan bahwa cikal bakal masuk nya virus bukan salah merupakan salah satu faktor penentu terinfeksi virus Corona sama seperti hal nya manusia yang terjangkit flu bisa dan kondisi nya tidak parah. Namun prediksi penelitian ini di sebutkan dapat membantu ilmuwan untuk fokus kepada kemampuan spesies yang mungkin memiliki bagaimana cara penyebaran virus corona ini. Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) juga menyebutkan bahwa dari penelitian awal kucing sangat rentan dalam terinfeksi virus Corona dan sedangkan untuk anjing tidak rentan terinfeksi.

Jadi kita harus tahu hewan mana yang bisa menjadi cikal bakal dalam penyebaran virus Corona kembali di masa mendatang dan harus kita teliti serta harus kita ketahui dahulu sebelum nya.

Ilmuwan : Virus Yang Ada Dalam Tubuh Kelelawar Sama Seperti Virus Corona

Para ilmuwan di Cina menemukan suatu hal yang sama terhadap dengan virus Corona yaitu virus yang terdapat dalam tubuh hewan kelelawar. Penelitian ini membuktikan bahwa teori pathogen pandemic bisa berkembang secara alami.

Current Biology menyebutkan bahwa para peneliti yang berasal dari China dan Australia menyebutkan bahwa virus SARS-COV-2 memiliki persamaan dengan RmYN02 yang memiliki asam amino pada persimpangan subunit protein lonjakan nya. Penyisipan ini juga dianggap bisa meningkatkan kapasitas SARS-COV-2 dan menyebabkan penyakit. Bahkan para ilmuwan itu sendiri bahwa berawal dengan tampak tak biasa dan akhirnya mendapatkan kenyataan jia terjadi secara alamiah pada betacoronavirus hewan.

Meskipun sisipan RmYN02 memiliki kesamaan dengan SARS-COV-2 akan tetapi RmYN02 tidak lebih berbahaya di bandingkan SARS-COV-2 dan lebih mengancam manusia yang sudah kita ketahui sekarang sudah menginfeksi 5jt orang di dunia ini. Dalam penelitian kami sangat jelas jika satwa liar bisa memberikan pengungkapan jika virus yang di kandung lebih dekat dengan sisipan SARS-COV-2 dan bahkan bisa mengungkap kan lebih banyak tentang virus yang bisa saja muncul pada manusia jelas professor Shi Weifeng.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed